Eropa 8 Hari 7 Malam (Day 5)

Cerita sebelumnya disini

Sebelum kami terbang ke Paris jam 15.05 LT, kami menyempatkan jalan-jalan pagi di Venice. Hari itu cuacanya mendung jadi enak dibuat jalan-jalan hehehe namum sebelum jalan-jalan kami sarapan dulu di hotel. Hotel tempat kami menginap menyediakan sarapan gratis untuk para tamunya, kami sarapan dengan hati-hati karena pihak hotel tidak menyediakan sarapan yang halal secara bukan negara muslim hehehe, jadi kami memilih sarapan roti dengan selai saja.

Puas jalan-jalannya kami kembali ke hotel untuk packing dan check out dan pergi ke bandara, selesai packing dan check out sekitar jam 11.00 LT kami sengaja cepat untuk pergi ke bandara karena kami tidak tahu kondisi jalan dari tempat kami menginap menginap menuju bandara macet atau tidak serta pengamanan masuk bandara di Eropa sangat ketat jadi kami tidak berani ambil resiko ketinggalan pesawat hahaha. Dari hotel kami jalan kaki menuju terminal bus yang tidak jauh jaraknya dari tempat kami menginap dan dari terminal bus ada bus yang langsung menuju Bandara Venice Marco Polo. Ternyata jarak tempuh dari terminal bus ke bandara tidaklah jauh sekitar 20 menit sudah sampai kami di bandara. Sesampainya di bandara kami langsung menuju counter check in maskapai Easyjet, karena maskapai Easyjet termasuk maskapai LCC maka semua proses check in dilakukan sendiri, pegawai counter atau passasi-nya hanya membantu cara-cara self service, mulai dari cetak boarding pass sampai menempel stiker label bagasi juga sendiri hahaha namanya juga LCC jadi mau nggak mau yah sendiri dan mandiri.

Bandara Marco Polo Venice ini sedang tahap renovasi, mungkin sedang tahap perluasan terminal jadi banyak lokasi-lokasi di sana yang masih berantakan, bandaranya tidak terlalu luas di luar masih terlihat berantakan tapi di dalam bandara sudah cukup rapi. Cukup lama kami berada di bandara ini, sekitar 2,5 jam. Jam 14.35 LT kami sudah dipanggil untuk boarding dan tepat jam 15.10 LT pesawat kami yang menuju Paris mulai lepas landas meninggalkan Venice. Ah akhirnya kami harus meninggalkan Italy.

Tepat jam 16.10 LT kami mendarat di Bandara Paris Orly, sesampainya di Bandara Paris Orly kami langsung pergi ke pusat informasi untuk menanyakan tempat membeli tiket bus dari bandara ke kota paris, ternyata di pusat informasi juga tersedia tiket bus tersebut.

Dari bandara kami naik bus untuk ke tengah kota, kami turun di Gare Montparnase dan langsung ke stasiun metro. Di paris kami membeli tiket metro satuan bukan tiket harian yang seperti di Roma dan Amsterdam kemarin. Kami langsung membeli 12 tiket satuan karena kami sebelumnya sudah menghitung prediksi jumlah pemakaian tiket metro selama kami di Paris, perhitungan harga tiket metro di Paris menggunakan system beli banyak harga semaki murah, jadi daripada kami beli satu persatu harganya mahal mending kami beli banyak biar dapat murah hehehe. Dari stasiun Gare Montparnase kami menuju stasiun Malakoff Plateau de Vanves karena tempat kami menginap selama di Paris terletak tidak jauh dari stasiun tersebut.
Sesampainya di stasiun Malakoff Plateau de Vanves kami berjalan kaki sekitar 500 meter menuju penginapan, ohya kami menginap di Bedlowcost Paris. Sedikit gambaran tentang Bedlowcost, tempat receptionist berbeda dengan letak kamarnya, setelah check in kami masih harus berjalan kaki lagi sekitar 400 meter menuju kamar kami, jadi tempat receptionist dengan kamar-kamar tamu berbeda lokasi dan kecewanya kami kamar-kamar tamu ada di sebuah rumah yang di pojokan dan lokasinya menurut kami cukup horror. Saran kami untuk yang mau ke Paris jangan menginap disini, kami memesan kamar ini karena murah dan ada jenis satu kamar bias diisi empat orang.
Sesampainya kami di kamar, kami istirahat sejenak sekalian keluarin barang-barang dari koper untuk dibawa jalan-jalan, kami berencana ke Menara Eiffel malam ini. Setelah istirahat kami langsung menuju tujuan pertama kami di Paris yaitu Menara Eiffel, dari penginapan kami berjalan kaki ke stasiun Malakoff Plateau de Vanves, kami sudah mempersiapkan tiket sekali jalan yang sudah kami beli di Gare Montparnasse tetapi kami heran di stasiun Malakoff Plateau de Vanves pintu masuknya rusak, jadi siapapun bisa masuk tanpa scan barcode yang ada di tiket. Di loket tidak ada petugas yang jaga jadi kami pun mencoba untuk nakal ikut warga local naik metro tanpa tiket hahaha. Kami naik metro tujuan Gare St. Lazare dan transit di Gare Montparnasse kemudian naik metro tujuan Charles de Gaulle Etoile dan turun di Bir-Hakeim Tour Eiffel. Sesampai di stasiun Bir-Hakeim Tour Eiffel kami langsung menuju pintu keluar loket tapi alangkah kagetnya kami ternyata di stasiun tersebut ada pemeriksaan tiket dari keadaan itu kami kaget dan was was karena pintu masuk di stasiun Malakoff Plateau de Vanves waktu itu rusak jadi tiket kami tidak ada tanda scan barcode nya. Setelah petugas pemeriksaan tiket memeriksa tiket-tiket kami ternyata tiket kami tidak lolos dan kami disidang ditempat dan dimintai denda sebesar 45 euro, astaga dendanya bikin kami kaget, kami pun menceritakan kronologi kenapa kami tidak kalau pintu masuk di stasiun Malakoff Plateau de Vanves itu rusak jadi kami main masuk aja, petugas tersebut tidak percaya dan mengancam memberikan denda lebih kalau terbukti kami berbohong, petugas tersebut menghubungi petugas loket di stasiun Malakoff Plateau de Vanves untuk menanyakan pintu loketnya berfungsi atau rusak, sambil petugas tersebut berbicara dengan petugas loket di stasiun Malakoff Plateau de Vanves jujur saya kaget dan takut berurusan dengan petugas di negeri orang apalagi denndanya sangat besar. Alhamdulillah petugas itu percaya kepada kami karena info dari petugas loket di stasiun Malakoff Plateau de Vanves memang benar pintu loketnya sedang rusak jadi kami diperbolehkan keluar dari stasiun Bir-Hakeim Tour Eiffel. Fiiiiuuuhhh akhirnya lega hati kami karena kami tidak jadi tersangka hehehe, nggak mau lagi nakal di negeri orang :(. Jarak Menara Eiffel dari stasiun Bir-Hakeim Tour Eiffel tidaklah jauh sekitar 400 meter, sesampainya di Menara Eiffel kami hanya berfoto-foto saja.

Di Eiffel kami tidak lama hanya sekitar 20 menit karena jam sudah menunjukan pukul 20.30 LT maka kami memutuskan untuk kembali ke penginapan dengan melalui rute metro yang sama. Selesai sudah petualangan kami hari ini yang cukup menegangkan hehehe.